.:: Jalan Prof. A. Majid Ibrahim Lampeudeu Baroh Tijue, Pidie - Aceh - Telp.: 0653 - 78929679, Fax.: 0653 - 78929678 ::.

ARTIKEL KESEHATAN

Berita Terbaru

KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Saturday 09 December 2017
Makanan ibu sewaktu hamil hendaknya mengandung jumlah dan mutu gizi yang baik. Bila ibu hamil makan makanan yang rendah baik jumlah maupun mutu gizinya, dapat menyebabkan kemunduran kesehatan janin dan akan mengkuatirkan kesiapan ibu sewaktu melahirkan.

Kebutuhan Gizi Ibuk Menyusui

Saturday 09 December 2017
Terima kasih semua buat para ibu, karena semua ibu sudah memperhatikan Gizi Seimbang saat memberikan bayinya dengan Air Susu Ibu (ASI). Soalnya apa yang ibu makan sangat erat hubungannya dengan produksi air susu ibu yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Kuantitas makanan untuk ibu yang sedang menyusui lebih besar dibanding dengan ibu hamil, akan tetapi kualitasnya tetap sama.

AKTIVITAS SEKSUAL PADA MASA KEHAMILAN BOLEH NGAK YAAA ?

Monday 20 November 2017
dr. Aidil Akbar, Sp.OGSebagian wanita hamil pada trimester I biasanya mengalami penurunan gairah seksual, sehingga membuat ibu hamil bukan menjadi teman tidur yang ideal. Hal ini berkaitan dengan keluhan yang sedang mereka alami seperti,  mual-muntah, lemas, keletihan dan payudara yang sensitif sehingga terasa nyeri. Dimana payudara yang tegang dimulai pada trimester ini dan akan berlanjut sepanjang kehamilan. Sehingga wanita hamil merasa tidak nyaman dengan rangsangan terhadap payudaranya karena terasa nyeri saat disentuh.
Arsip

2017

 
09/12/2017 10:49:46 AM

KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Sigli -
Makanan ibu sewaktu hamil hendaknya mengandung jumlah dan mutu gizi yang baik. Bila ibu hamil makan makanan yang rendah baik jumlah maupun mutu gizinya, dapat menyebabkan kemunduran kesehatan janin dan akan mengkuatirkan kesiapan ibu sewaktu melahirkan.

Asupan nutrisi banyak didominasi oleh makanan. Jika ingin mencukupi kebutuhan nutrisi, ada baiknya menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsi. Mungkin hal ini akan sulit bagi ibu hamil yang mengalami masa ngidam. Namun yang namanya nutrisi haruslah dipaksakan. Agar kondisi ibu hamil tetap sehat dan terjaga.

Ibu yang sewaktu hamil mempunyai status gizi yang rendah dengan pertambahan berat badan ā‰¤ 9kg dan lingkar lengan atas kurang dari 22 cm akan mempunyai risiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah (< 2,5kg). Oleh karena itu dengan memperbaiki jumlah dan mutu makanan sewaktu hamil secara langsung akan meningkatkan berat badan bayi yang akan dilahirkan dan secara tidak langsung menyokong pertumbuhan sel-sel otak bayi yang optimal.

Pada wanita yang sedang hamil maka keperluan gizinya dipergunakan untuk kegiatan rutin dalam proses metabolisme tubuh, dan aktivitas fisik. Di samping untuk proses yang rutin tersebut, juga diperlukan energi dan gizi tambahan untuk pembentukan jaringan baru, yaitu janin, ari-ari (plasenta), rahim (uterus) serta kelenjar Payudara (mamae).

Standard kenaikan berat badan untuk ibu gemuk (BMI  25,0-29,9) pertambahan berat badannya sekitar 7 kg-11,5 kg. Untuk ibu normal (BMI 18,5-24,9) maka pertambahan berat badannya sekitar 11,5 kgā€“16 kg. Untuk ibu kurus (BMI < 18,5) pertambahan berat badannya berkisar 12,5 kg ā€“ 18 kg.

Dengan berpegangan pada nilai ini maka jika terjadi kelebihan berat badan maka dianjurkan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat serta gula. Pada ibu hamil yang kekurangan gizi maka perlu pemberian kalori tambahan agar tubuh segera mengalami kondisi yang ideal.

Pola ideal dari peningkatan berat badan selama hamil adalah adanya peningkatan 1 ā€“ 2 kg selama trimester pertama, diikuti dengan peningkatan rata-rata 0,4 kg per minggu selama akhir dua semester.

Selama kehamilan, ibu hamil harus tetap makan makanan yang mengandung protein, baik hewani maupun nabati. Adapun kebutuhan tersebut digunakan untuk pertumbuhan janin dan plasenta (ari-ari), pertambahan volume darah, pertumbuhan kelenjar susu sebagai persiapan untuk menyusui dan metabolisme tubuh yang meningkat.

Kehamilan trimester pertama
Umur kehamilan 0-12 minggu umumnya timbul keluhan seperti mual, muntah, pusing, selera makan berkurang sehingga timbul kelemahan. Agar kecukupan zat gizi terpenuhi dapat diperhatikan hal-hal seperti berikut:
  • Makanan hendaknya dipilih yang mudah dicerna. Buah-buahan segar dan sayuran hijau biasanya dapat mengurangi rasa mual.
  • Porsi makanan sedikit, tetapi dengan frekuensi yang sering. Bila kurang selera makan nasi, dapat diganti dengan kentang, ubi-ubian, dan roti. 
Kehamilan trimester kedua
Umur kehamilan 13-28 minggu mulai dibutuhkan tambahan kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta untuk mempertahankan kesehatan si ibu. perkembangan janin sangat pesat bukan saja tubuhnya tetapi juga susunan saraf otak. Yang perlu diperhatikan pada trimester kedua ini adalah:
  • Lebih banyak memakan bahan makanan sumber protein.  Bahan makanan sumber protein adalah ikan, daging, telur, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe.
  • Vitamin dan mineral merupakan zat pengatur yang banyak terdapat pada buah dan sayuran.
  • Perlu diperhatikan, bila ibu mengalami pembengkakkan pada tubuh, hendaknya konsumsi garam dikurangi. Bahan makanan yang banyak mengandung garam antara lain Mie Instans, Margarine dan mentega. Untuk itu bahan makanan tersebut hendaknya dibatasi.
Kehamilan trimester ketiga
Umur kehamilan 29-40 minggu nafsu makan sudah baik, bahkan cenderung untuk merasa lapar terus menerus sehingga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kegemukan. Pada masa ini diperlukan makanan dengan nilai biologis yang tinggi serta memadai untuk mencukupi segala yang dibutuhkan. Secara garis besar makanan pada trimester ketiga sama dengan makanan pada trimester kedua, tetapi hendaknya jangan terlalu banyak, agar ibu terhindar dari kegemukan.
(dr.Aidil Akbar, Sp.OG)

HUBUNGI

  • Jalan Prof. A. Majid Ibrahim Lampeudeu Baroh Tijue, Pidie -
  • 0653 - 78929679
  • 0653 - 78929678